PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MEMERIKSA PERKARA DI PENGADILAN AGAMA GUNUNG SUGIH

Ditulis oleh Zahra Fatimah Mu'min, MM on .

Ditulis oleh Zahra Fatimah Mu'min, MM on . Dilihat: 15

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MEMERIKSA PERKARA

DI PENGADILAN AGAMA GUNUNG SUGIH

Gunung Sugih | www.pa-gunungsugih.go.id

Dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sekaligus menerapkan asas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan, Pengadilan Agama gunung Sugih melakukan berbagai terobosan dalam rangka proses percepatan penyelesaian perkara serta mempersiapkan infrastruktur untuk merespon adanya penyelesaian perkara secara elektronik sesuai dengan amanat Peraturan Mahkamah Agung Nomor RI Nomor 1 Taahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik serta Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 129/KMA/SK/VIII/2019 Tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik.

Salah satu terobosan itu ialah dengan diadakannya persidangan secara e-litigasi sekaligus persidangan dengan menggunakan sambungan audio-visual (teleconference). Hal ini dilakukan salah satunya oleh Majelis Hakim yang menangani salah satu perkara perceraian dengan Ketua Majelis Sobari, S.H.I., dengan anggota majelis Sri Nur’ainy Madjid, S.H.I., dan Uswatun Hasanah, S.H.I., M.H., persidangan dengan menggunakan teleconference ini dilaksanakan karena alasan force majeure dimana salah satu pihak (Pemohon) berada di luar daerah dan ‘terkena’ kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga tidak dapat masuk ke Lampung dan tidak dapat datang ke Pengadilan Agama Gunung sugih untuk bersidang. Persidangan dilaksanakan di ruang sidang I Pengadilan Agama Gunung Sugih pada hari selasa, tanggal 19 Mei 2020 dengan agenda pemeriksaan pokok perkara. Teleconference dilakukan antara Pengadilan Agama Gunung Sugih dengan Pengadilan Agama Cilegon dimana pihak Pemohon berada.  

Persidangan dengan teleconference ini berjalan dengan lancar karena infrastruktur di kedua Pengadilan telah disiapkan dengan baik. Walaupun pemeriksaan dilakukan melalui teleconference, tetapi tidak mengurangi ketelitian serta kualitas pemeriksaan perkara. Selain itu pemeriksaan perkara seperti ini juga memberikan kemudahan bagi para pihak untuk tetap dapat mempertahankan hak-haknya walaupun terhalang oleh jarak yang jauh. Semoga dengan berbagai kemudahan dan inovasi pelayanan dari Pengadilan Agama, para pihak pencari keadilan bisa semakin terlayani dengan baik. (eMKa)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Gunung Sugih

Jalan Negara No. 99 Gunung Sugih

Lampung Tengah,  Provinsi Lampung.

Telp :  +62725 528885

Faks:  +62725 527492

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.   

Tautan Aplikasi Internal