Sikap Mental “Al-Yaddu al-‘ulya”

Ditulis oleh Zahra Fatimah Mu'min, MM on .

Ditulis oleh Zahra Fatimah Mu'min, MM on . Dilihat: 54

Sikap Mental “Al-Yaddu al-‘ulya”

Gunung Sugih | www.pa-gunungsugih.go.id
Setelah melaksanakan libur panjang (long weekend), seluruh Pegawai Pengadilan Agama Gunung Sugih dengan semangat yang tinggi melaksanakan apel pagi pada hari Senin tanggal 5 April 2021. Apel Senin pagi dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB di halaman depan Pengadilan Agama Gunung Sugih yang telah ditata sedemikian rupa sehingga terlihat sangat apik. Bertindak sebagai pembawa acara yaitu Elliyani, sebagai pemimpin apel yaitu Ardian Isnanto, dan yang menjadi Pembina Apel adalah Rifqi Muhammad Khairuman, S.Sy., Hakim Pengadilan Agama Gunung Sugih.


Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pada saat ini Pengadilan Agama Gunung Sugih sedang melaksanakan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), sehingga setiap apel, baik apel Senin pagi atupun apel Jumat sore dalam amanah pembina apel, disisipkan juga pembinaan dalam rangka pembangunan Zona Integritas. Pada apel kali ini Pembina apel menyampaikan amanat apel dengan mengingatkan agar seluruh Pegawai Pengadilan Agama Gunung Sugih senantiasa meningkatkan kedisiplinan. Selain itu, Pembina apel juga menyampaikan ha-hal teknis yang menjadi fokus pembangunan Zona Integritas untuk menjadi perhatian bersama.
Kemudian Pembina Apel menyitir sebuah hadits Nabi yang berbunyi:


اَلْيَدُ اْلعُلْياَ خَيْرٌ مِنَ اْليَدِ السُّفْلَى


Yang artinya: “Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah” (HR. Bukhari).
Selanjutnya Pembina Apel mengutip penjelasan dari Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H., bahwa hadits tersebut dalam arti yang lebih luas menjelaskan kepada kita mengenai sikap mental yang berada pada diri manusia. Ada yang memiliki sikap mental “yaddu al-‘ulya” dan ada juga yang memiliki sikap mental “yaddu as-sufla”.
Seseorang yang memiliki sikap mental “yaddu al-‘ulya” maka akan tumbuh dalam dirinya sifat Sharing, Caring, kemudian Giving. Artinya orang yang memiliki sikap mental “yaddu al-‘ulya” akan senantiasa mau berbagi, memiliki perhatian kepada sesama, bahkan akan memberikan yang terbaik serta totalitas dalam pekerjaannya. Lain halnya dengan sikap mental “yaddu as-sufla”, maka orang yang memiliki sikap mental “yaddu as-sufla” memiliki sikap suka requesting, taking, tipping,bahkan robbing. Maka berhati-hatilah jika sudah terlalu banyak menuntut (requesting), dikhawatirkan nantinya akan berani mengambil (taking), kemudian mengutip dengan meminta pungutan (tipping), bahkan hingga melakukan perampasan (robbing) dan hal-hal itulah yang merupakan perilaku koruptif yang harus dihindari. “Dalam kontek dunia pekerjaan, terkhusus Pengadilan Agama Gunung Sugih yang sedang melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju WBK, maka marilah kita sama-sama meningkatkan mental “yaddu al-‘ulya” kita semua agar tercipta cultural set yang baik, sehingga apa yang dicita-citakan dapat tercapai dengan baik” Pungkasnya.
Aple Senin pagi ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Doni Dermawan, S.Ag., M.H., Kemudian setelah apel Senin pagi selesai, seluruh peserta apel membubarkan diri. Semoga apa yang sedang diperjuangkan senantiasa berada dalam bimbingan, petunjuk, dan lindungan Allah SWT. (eMKa).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Gunung Sugih

Jalan Negara No. 99 Gunung Sugih

Lampung Tengah,  Provinsi Lampung.

Telp :  +62725 528885

Faks:  +62725 527492

Email:  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.