Zoom Meeting Tentang Perlindungan Hak dan Akses Keadilan Bagi Perempuan dan Anak

Ditulis oleh Zahra Fatimah Mu'min, MM on .

Ditulis oleh Zahra Fatimah Mu'min, MM on . Dilihat: 52

ZOOM MEETING TENTANG PERLINDUNGAN HAK DAN AKSES KEADILAN BAGI PEREMPUAN DAN ANAK

Gunung Sugih | www.pa-gunungsugih.go.id

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas Hakim serta Aparat Peradilan Agama di Indonesia kaitannya dengan perlindungan hak dan akses keadilan bagi perempuan dan anak, Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI mengadakan dialog dengan menggandeng FCOA (Family Court of Australia) pada hari Selasa tanggal 5 Oktober 2021 pagi. Dialog yang laksanakan secara virtual melalui zoom tersebut menghadirkan pembicara The Hon Justice Judy Ryan dari Family Court of Australia. Dialog tersebut diikuti oleh Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama seluruh Indonesia, termasuk oleh Pengadilan Agama Gunung Sugih.

Di Pengadilan Agama Gunung Sugih, kegiatan melalui zoom tersebut dilaksanakan di ruang media center yang dipimpin langsung oleh Ketua PA Gunung Sugih Dra. Hj. Sartini, S.H, M.H. didampingi oleh Wakil Ketua Yopie Azbandi Aziz, S.Ag.,M.H serta dihadiri oleh Hakim senior Elis Merliani, S.Ag, M.H. dan Kusnoto, S.H.I., M.H.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. H. Aco Nur, SH, MH mengajak kepada warga peradilan agama untuk menerapkan bahkan meningkatkan pelayanan kepada msayarakat, termasuk kepada masyarakat rentan yaitu perempuan dan anak. Baik melalui sarana dan prasarana, aplikasi elektronik yang memudahkan layanan maupun melalui putusan pengadilan yang mempertimbangkan hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian. Pada ksempatan itu juga Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Dr. Drs. Amran Suadi, SH.MH menyampaikan pesan agar aparatur Pengadilan Agama mempunyai pemahaman dan komitmen dalam rangka perlindungan hak dan akses keadilan bagi perempuan dan anak melalui putusannya.

Meskipun penyampaian oleh pembicara dari Familiy Court of Australia menggunakan bahasa Inggris, namun tidak mengurangi kepahaman para peserta dialog karena disertai penerjemahan ke dalam bahasa Indonesia oleh penterjemah. Menariknya pokok pembahasan dialog tersebut menjadikan peserta tetap semangat untuk terus menyimak hingga akhir dialog. Terlebih juga disinggung mengenai gambaran penerapan perlindungan hak dan akses keadilan bagi perempuan dan anak di beberapa negara di luar negeri. (By. Ksn)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Gunung Sugih

Jalan Negara No. 99 Gunung Sugih

Lampung Tengah,  Provinsi Lampung.

Telp :  +62725 528885

Faks:  +62725 527492

Email:  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.